Pelatihan SDM

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Kehidupan

Pelatihan SDMPelatihan SDM – Pada dasarnya Manusia itu dinilai berdasarkan sumber daya yang ada pada dirinya. Baik dari segi intelektual dalam bekerja maupun bersosialisasi di lingkungan tempat tinggalnya. Apalagi di zaman yang semakin modern saat ini, tentunya persaingan juga akan semakin ketat.

Meskipun Anda telah memiliki pendidikan yang cukup tinggi namun, jika sumber daya yang ada pada diri Anda tidak dilatih tentunya akan sulit dalam bersaing. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan serta manfaat yang akan menjadikan Sumber daya yang ada pada diri Anda semakin terlihat nyata.

Dengan begitu, akan menjadi sangatlah mudah bagi Anda untuk diterima bekerja maupun bermasyarakat. Maka dari itu langsung saja kita bahas bersama tujuan serta manfaatnya tersebut.

Tujuan Utama pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pelatihan sumber daya manusia memiliki tujuan utama yakni agar setiap manusia dapat meningkatkan kemampuan yang ada pada dirinya baik dalam melaksanakan pekerjaannya maupun bersosialisasi dengan masyarakat.

Saat ini pelatihan sumber daya manusia itu tidak hanya diperuntukkan dalam bekerja saja, namun dalam bermasyarakat pun juga diwajibkan. Sebab hidup bersosialisasi sangat erat kaitannya dengan sikap yang dimiliki per-individu yang hal itu banyak didapatkan melalui pelatihan sumber daya manusia. Untuk rincian dari tujuan sumber daya manusia akan dipaparkan di bawah ini.

  1. Pengembangan keahlian

    Tujuan yang pertama dari pelatihan SDM adalah untuk mengembangkan keahlian yang dimiliki. Banyak sekali jenis keahlian yang bisa Anda kembangkan di sini, misalnya keahlian dalam bekerja, berkomunikasi dan lain sebagainya.

  2. Pengembangan pengetahuan

    Tujuan kedua yaitu pengembangan pengetahuan. Pengembangan pengetahuan ini sangatlah penting dilakukan sebab informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan akan terus berkembang serta berubah-ubah setiap tahunnya. Sehingga dengan mengikuti pelatihan sumber daya manusia, maka pengetahuan yang Anda miliki tentunya akan semakin berkembang

  3. Pengembangan sikap

    Salah satu tujuan penting mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia adalah mengembangkan sikap. Mengikuti pelatihan tersebut akan sikap positif yang Anda miliki. Misalnya sikap bekerjasama dalam pekerjaan, toleransi antar sesama hingga sikap berani dalam mengambil tindakan yang benar.

Selain beberapa tujuan dari mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia di atas, adapun manfaatnya yang juga harus Anda ketahui. Sebab tujuan serta manfaatnya sangatlah efektif dalam memberikan efek positif pada hidup Anda. Apa sajakah manfaatnya itu? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

3 Manfaat Positif mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia

Mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia tentunya akan menjadikan diri Anda semakin ber-skill dalam bidang yang ditekuni. Bahkan bisa mendapatkan keahlian-keahlian lain yang mulanya tidak Anda ketahui. Mari kita simak bersama 3 manfaat positif mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia di bawah ini.

  • Media penemuan potensi diri

    Manfaat yang pertama mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia adalah sebagai media penemuan potensi diri. Tak banyak orang yang dapat menggunakan potensi diri yang dimilikinya. Bahkan mereka bisa dibilang tak mengetahui potensi apakah yang ada dalam dirinya. Mungkin bisa jadi, Anda salah satunya. Dengan begitu, pelatihan inilah yang akan menjadi media penemuan potensi yang ada dalam diri Anda.

    Sebagai alat penunjang kemampuan memperbaiki diri, Manfaat yang kedua adalah Sebagai alat penunjang kemampuan memperbaiki diri, baik secara individual maupun kelompok. Misalnya memperbaiki performance dalam berorganisasi.

  • Pengembangan keterampilan

    Selanjutnya, manfaat yang akan didapatkan adalah dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Tentunya dalam mengikuti pelatihan-pelatihan SDM akan banyak sekali keterampilan-keterampilan yang diajarkan. Bahkan Anda bisa mendapatkan keterampilan baru.

    Itulah tadi beberapa tujuan serta manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia. Tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan.

Kemudian, jika Anda akan mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) tentunya ketahui dahulu jenis-jenis pelatihan. Semisalnya Anda adalah seorang yang bekerja di suatu tempat dan di tempat Anda bekerja tersebut mengadakan pelatihan maka Anda harus mengetahui jenis pelatihan tersebut. Sebab beda jenisnya maka berbeda pulalah cara-cara pelatihannya. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa jenis pelatihan Sumber Daya Manusia berikut ini.

 5 Jenis Pelatihan Sumber Daya Manusia

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia? Memang sangatlah penting mengikuti pelatihan ini sebab saat ini perkembangan zaman terus berjalan dengan pesat. Sehingga Anda harus sigap dalam mempersiapkan diri. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu mengenai jenis-jenis pelatihan Sumber Daya Manusia.

  1. Cross Functional Training (Pelatihan Lintas Fungsional)

    Jenis pelatihan yang pertama adalah Cross functional training atau pelatihan lintas fungsional pelatihan ini melibatkan Anda sebagai karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain pekerjaan yang ditugaskan. Artinya dalam pelatihan tersebut Anda akan dibimbing untuk belajar lebih sigap dalam menerima pekerjaan yang bukan bidang Anda. Sehingga dengan begitu, talenta Anda akan terlihat.

  2. Creativity Training (Pelatihan kreativitas)

    Selanjutnya, jenis yang kedua adalah pelatihan kreativitas atau creativity training yaitu pelatihan dengan memberikan peluang yang besar untuk berbicara sehingga dapat mengeluarkan gagasan sebebas mungkin berdasarkan pada nilai rasional. Tentunya akan dibimbing bagaimana cara berbicara dan mengeluarkan gagasan secara baik dan tepat.

  3. Skill Training (Pelatihan Keahlian)

    Berikutnya, ada jenis pelatihan keahlian atau skill training. Pelatihan jenis ini sering kali dilakukan oleh setiap perusahaan. Program skill training relatif bertujuan untuk menilai kebutuhan atau kekurangan pada diri Anda. Sehingga dengan begitu akan mudah untuk mengetahui dan mengidentifikasinya.

  4. Retraining (Pelatihan Ulang)

    Kemudian jenis yang keempat adalah Pelatihan ulang atau retraining. Pelatihan jenis ini bertujuan untuk memberikan keahlian yang dibutuhkan oleh para pekerja atau karyawan di suatu kantor maupun perusahaan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah. Sehingga dengan adanya pelatihan Sumber Daya Manusia ini maka setiap orang yang mengikutinya akan lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

  5. Team Training (Pelatihan Tim)

    Jenis yang terakhir adalah pelatihan tim yang dilakukan dengan bekerja sama terdiri dari sekelompok individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya tujuan bersama dalam sebuah tim kerja. Jadi jenis yang kelima ini akan melatih anda bagaimana caranya bekerja secara kooperatif sehingga akan tercipta tujuan kerja yang sama.

Sudah terlihat jelas bukan, bagaimana pentingnya mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini. Meskipun pada dasarnya Anda terlahir sebagai orang yang memiliki kemampuan bagus, namun dengan mengikuti pelatihan ini tentunya akan semakin menambah kualitas diri Anda.

Sebaiknya untuk mempersiapkan diri di era 4.0 ini perbanyaklah mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, jika sekarang Anda menginginkan pelatihan tersebut bisa langsung hubungi kontak 0896-5331-2998, yang tentunya akan membimbing serta melatih dengan sebaik mungkin.

Selain itu, setelah pelatihan ambilah sertifikasi sebagai tanda bukti bahwa anda telah memiliki skill/kemampuan dari pelatihan yg dilaksanakan. Untuk sertifikasi bidang keSDMan bisa ke Lembaga Pelatihan dan Sertifikasi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *